DOKUMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA TERBARU

Gambar
  Kurikulum merdeka sudah memasuki tahun kedua. Utuk mengaplikasikan pembelajaran dengan kurikulum merdeka kita harus mengikuti panduan Capaian pembelajaran yang sudah diterbitkan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan yaitu NO :003/H/KR/2022 yang diterbitkan tanggal 7 Juni 2022. Dokumen CP tersebut apat bapak ibuk guru download pada link dibawah ini Semoga bermanfaat bapak dan ibuk semuanya. terimakasih sudah berkunjung.  jangan lupa saran dan masukannya untuk kemajuan tulisan kami bapak dan ibuk

Guru Muda Ketiga " Tuan Muda Perkasa" Aceh Punya

          Hei Teman,, Meet again with me in ippeh.blogspot.co.id. 

        Tiba-tiba saja aku ingin menulis kisah tentang seorang guru muda yang katanya "Perkasa". Kenapa tiba-tiba aku ingin menulis kisah beliau?. Mengapa harus beliau yang menjadi kisah inspiratif ku dalam daftar guru muda ketiga? Mengapa harus kisah beliau yang membuat aku sedikit pusing memikirkan kata demi kata untuk dijadikan sebuah cerita? hmmmm

Mulyadi S.Pd

      Dalam kebingungan ini aku menemukan jawaban sendiri teman, karna terkadang tidak butuh alasan untuk kita melakukan sesuatu yang akan membuat kita merasa bahagia. Aku bahagia bisa memaparkan sebuah kisah dari dia yang perkasa. hahahaha. Beliau adalah bapak guru muda Mulyadi S.Pd namanya. Akan tetapi seiring pesatnya perkembangan zaman dan soal media, maka nama yang hanya sepotong itu berevolusilah menjadi nama beken Moelyadi kmp jr. Ditulis menggunakan ejaan Indonesia lama mempunyai makna bahwa beliau sedikit suka dengan hal-hal yang berbau klasik dan bersejarah. Lalu apa makna dari ujung nama beken beliau yang berinisial kmp jr??. Sudah beratus kali saya menanyakan hal yang sama tapi tidak pernah beliau mau memaparkannya. Apakah dalam inisial itu tersirat sebuah nama? nama seseorang yang beliau cinta? nama seseorang yang pernah ada? atau apakah inisial itu merupakan nama kampung dimana tempat beliau dulu berada yang mengukir sebuah cerita yang cukup membuat beliau merana?hahahaha. Percuma saja pertanyaan itu aku lontarkan yang ujung-ujungnya hanya dijawab bahwa inisial itu adalah rahasia. keselya pakai banget...... 

        Mulyadi. Nama yang sudah pas rasanya. Tanpa harus dibubui lagi bumbu masak untuk penyedapnya. Meski memang hanya sepotong, tapi makna yang terkandung cukup membuat aku terpana. Mulyadi yang bearti Mulia. Semoga makna nama ini bisa menjadikan beliau betul-betul seorang hamba yang mulia dimata-Nya. Aaamiiin. 

      Guru muda "perkasa"??, Perkasa adalah kata yang kadang cukup membuat kita risih ketika mendengarnya ketika kita berbicara tidak sedang dalam konsepnya. Tenang kawan, perkasa yang dimiliki guru muda ini adalah perkasa dalam tanda kutip. hehe Jangan bicarakan atau berfikir tentang perkasa yang lainya ya. Oke.

       Lahir dengan bintang Scorpio dalam ilmu ramal Zodiak yang selalu ngetren dari masa-kemasa. Scorpio dilambangkan dengan binatang Kalajengking. Binatang ini memiliki bisa yang cukup mematikan. Kalajengking binatang yang pemberani, Kalajengking binatang yang akan melawan jika merasa hidupnya terusik. Karakter inilah yang sebahagian kecil ada pada Guru muda ini. Mungkin "keperkasaan" beliau adalah dampak dari kekuatan dan keberanian yang digambarkan oleh lambang zodiaknya. 

Siswa beliau di Kab Landak.


     Mulyadi, Guru muda dari Aceh yang ditugaskan di Kabupaten Landak. Provinsi Kalimantan Barat. Guru muda dari aceh yang cukup memiliki keahlian dalam mengambil foto untuk dijadikan sebuah sejarah. Tak jarang aku berjingkrat-jingrat bahagia ketika melihat hasil foto yang beliau sebagai fotografernya. Beliau guru muda Aceh yang sudah aku anggap melebihi seorang saudara. Walau terkadang  tingkahnya sering membuat aku ingin memukul dan bahkan melempar cantik beliau dari Lantai 2 ruang perkuliahan. Tapi kami cukup bahagia. Dengan kebersamaan yang baru hanya memasuki bulan ketiga. Kekocakan gayanya selalu membuat diri ini tak mampu menahan tawa.

      Aceh selatan, itulah Kabupaten yang menjadi kampung pertama darahnya tertumpah. lebih spesifiknya Kampung Paya. Daerah ini adalah daerah dimana aku menghabiskan 1 tahun pengadianku untuk para mereka siswa siswi yang juga harapan bangsa. Kampung yang kental akan budaya agamanya. Kampung dimana aku cukup merasa nyaman berada disana. Semoga saja guru muda "perkasa" ini mau membawa aku kembali kesana walau hanya untuk singgah sesaat saja.

      Guru muda Perkasa. Tunjukkanlah kepada dunia. Seberapa kuat  dan beraninya engkau menaklukkan ombak samudra, Tunjukkanlah seberapa gagahnya engkau  berdiri diatas puncak Jaya wijaya. Tunjukkanlah seberapa spesialnya engkau berada di diantara awan dan kabut di udara. Yang semua itu demi mereka, para anak-anak negri yang menggantungkan cita-cita masa depannya. Melalui engkau. Seorang guru muda "perkasa", yang memang diharapkan oleh bangsa.
        

       Selalu ada cara, selalu ada cerita dan kisah yang membuat aku untuk tidak  berhenti menuliskan kisah mereka para guru muda. Mulai dari cerita Mak itam, Si Tejo sampai kisah Si "perkasa". Semoga kisah dan cerita ini mampu memberikan motivasi kepadamu teman. untuk tidak selalu merasa rendah, untuk tidak selalu menyerah, untuk tidak selalu ragu dengan kemampuan yang engkau punya. Karena dibalik sebuah kekurangan itu pasti ada kelebihan yang akan menutupinya.

#Salam Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia
#PPG SM3T
#PGSD UNP
Padang, 18 Mei 2016

Komentar

  1. TOLONG DI TANYAKAN LAGI TENTANG JR DI BELAKNG NAMANYA MBAK....???

    BalasHapus
  2. Hehehehe..
    Moelyadi Kmp Jr, Mungkin Aku Pernah Mendengar Penjelasan ini saat kita tengah malam dihutan landak pak mul, waw, ternyata engkau sudah jadi Fotografer handal, aku juga masih ingin dimana awalnya kau berkarya dengan DLSR, dan aku juga masih sangat ingat, saking senangnya memotret, hingga tempat memopang mata di kamera hilang, masih ingatkan ? pak mul, aku tidak pernah marah walau kamera kesayanganku pernah dihilangkan pemopang mata sama kamu, karana kata penulis kamu sudah menjadi fotografer, aku bangga, setidaknya aku tidak rugi marah2 jika dulu salah mengambil gambar, terblur, salah penempatan foto, dan lain-lain. Jika suatu hari aku harus menulis, aku akan menulis, bagaimana perjuangan kita menelusiuri landak untuk sekedar momoto, menulusuri malamnya desa moro behe, hingga dalam kegelapan masih juga ingat kamera dimana, Buk Fera titipka salamku buat Fotografer Handal ini..

    BalasHapus
  3. Iya pak Kepee. saya baru tahu kalau ternyata pahlawan sebenarnya yang ada dibalik fotografer handal itu adalah bapak. salam kenal dari saya. Gadis minang saudaranya Saudara bapak juga. hehe

    BalasHapus
  4. Bukan saya, Tapi dia bisa dengan sendirinya, karna dia adalah manusia cerdas yang dimiliki indonesia.. kami hanya pendukungnya saja.. haha

    BalasHapus
  5. Hahahaahah,, ternyata kami cukup beruntung bisa mengenalnya,,
    Inilah yang disebut dengan aset negara, yang akan membuat kita bangga.

    BalasHapus
  6. Terimakasih kawan, aku jadi malu hahahaha
    terimakasih buat ilmu photographernya.
    maafkan aku untuk insiden tempo hari pak jakier kepee.

    BalasHapus
  7. Daebak!!! Speechless. I dont know you re so famous in arround out of south aceh. "Perkasa" you did it dude. Sampaikan salam ku juga

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Muda Ke-Empat "Si Ribet" yang Meroket

Guru Muda ke-Enam "Ketika Mensyukuri itu Lebih Mulia" ala Rini Fauziah